Cari Blog Ini

Selasa, 26 Oktober 2010

Pengobatan Herbal Penyakit Gagal Ginjal

Seperti diketahui, penyakit yang menyerang ginjal adalah adanya batu yang timbul akibat fungsi kelenjar paratiroid yang terganggu, karena terlalu banyak vitamin D, gout (peradangan sendi karena asam urat), atau terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat penyusun batu ginjal (misalkan, kalsium dan asam oksalat).
• Kasus Pasien
Syamsudin (24) adalah seorang karyawan yang mempunyai dedikasi yang cukup tinggi. Tak mengherankan kalau akhirnya ia sering disebut sebagai orang yang gila kerja, karena hamper tak ada waktu yang dihabiskan untuk bersantai-santai. Namun, suatu saat ada kelainan pada bawah pinggangnya. Apalagi, kalau malam harridan bila rasa sakit hebat, kadang-kadang diikuti keringat, mual, muntah, sampai shock. Dalam keadaan yang sudah cukup parah, Syamsudin kemudian berobat untuk mengurangi sakitnya. Tapi karena hanya diberi aspirin dan Tylenol, obat tersebut hanya berkurang sedikit, dan setelah itu kambuh lagi dan seterusnya.
• Sisi Medis
gagal ginjalSeperti diketahui, penyakit yang menyerang ginjal adalah adanya batu yang timbul akibat fungsi kelenjar paratiroid yang terganggu, karena terlalu banyak vitamin D, gout (peradangan sendi karena asam urat), atau terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat penyusun batu ginjal (misalkan, kalsium dan asam oksalat). Gangguan pada paratiroid akan meningkatkan produksi hormon yang menyedot kalsium dari tulang dan masuk ke darah, sehingga terbentuk batu ginjal. Batu bisa bersarang di uretra atau ginjal, saluran yang mengalirkan air seni dari kandung kemih. Jika batu besar dan terbentuk kasar, batu akan sulit keluar, sehingga timbul rasa nyeri bahkan pendarahan atau infeksi.


• Sisi Herbalisme
Banyak orang yang mencoba beberapa penanganan untuk penyakit jenis ini seperti medis, atau pengobatan komplementer seperti kiropaksi, akupuntur dan sebagainya. Namun, sisi herbalisme melihat bahwa memang ada sesuatu dalam jaringan perut pasien terutama sekitar ginjal. Keluhan-keluhan yang sering timbul adalah tidak enak badan dan kadang sampai demam. Buang air seni tidak lancar, sedikit, kadang-kadang sampai tidak bisa buang air malah. Apabila keluar air seni, selalu disertai rasa panas dan warna air seninya keruh atau bahkan berwarna merah. Keluhan seperti ini menandakan adanya gangguan dalam cara kerja ginjalnya. Penyebab ginjal bisa bermacam-macam seperti kurang minum atau karena memang ada infeksi di dalam perutnya, sehingga timbul gejala-gejala itu.
Pantangan :
• Petai
• Jengkol
• Kopi
• Minuman yang bersoda
• Terong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar